Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 26 Februari 2014

Fisika itu MUDAH

Menerapkan Sifat Cahaya via Model
Firman Apriandi, SDN Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat
Sekelompok siswa tengah melakukan percobaan di Stasiun 3 (Pelangi) guna membuktikan bahwa cahaya putih terdiri atas berbagai warna.
    Kali ini pembelajaran di Kelas V tiba pada SK nomor 6 (Menerapkan
    sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat suatu karya/model) dengan KD nomor 6.1 (Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya).
    Kompetensi ini meliputi indikator:
    1. Mempraktikkan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna dan gelap);
    2. Menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan;
    3. Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri atas berbagai warna.
    Tujuan pembelajaran meliputi:
    1. Siswa mampu mengidentifkasi sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna dan gelap);
    2. Siswa dapat menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari;
    3. Siswa dapat menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri dari berbagai warna.
    Karakter bangsa yang dapat dibangun melalui proses belajar ini meliputi disiplin (discipline), tanggung jawab (responsibility), ketelitian (carefulness), ketekunan (diligence) dan kejujuran.
    Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi, praktikum, tanya jawab, dan tugas berbasis proyek. Model pembelajaran adalah ‘Stasiun Pembelajaran.’
    Kegiatan pembelajaran diawali dengan apersepsi dan motivasi berupa (1) mengaitkan materi sebelumnya (2) menyampaikan tujuan dan kegiatan pembelajaran melalui powerpoint, dan (3) memberi motivasi kepada siswa tentang pentingnya mempelajari sifat-sifat cahaya.
    Kegiatan inti meliputi:
     Eksplorasi
    • Siswa dibagi menjadi 6 kelompok;
    • Meja kelas dibuat 3 stasiun, yaitu: Stasiun Tembus Cahaya, Stasiun Pembiasan, dan Stasiun Pelangi;
    • Karena jumlah siswa banyak, maka 3 stasiun ini dibuat 2 bagian;
    • Setiap stasiun mempunyai satu bahan ajar, lembar kerja dan kartu peran
    • Siswa menempati setiap stasiun selama 10 menit, dan selanjutnya berputar;
    • Siswa diberi Lembar Kerja dan kemudian mereka mengerjakannya.
    Elaborasi
    • Saya mendorong siswa untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan;
    • Siswa berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
    • Siswa menyiapkan bahan penyajian hasil kerjanya.
    Konfirmasi
    • Siswa mempresentasikan hasil kegiatannya;
    • Siswa memberi tanggapan terhadap presentasi yang disampaikan;
    • Saya melakukan penilaian secara berkelompok dengan menggunakan program Microsoft Mouse Mischief; dan Rubrik.
    Penutup
    • Saya dan siswa membuat simpulan pelajaran sesuai dengan proses pembelajaran yang telah berlangsung;
    • Kami merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedial dan pengayaan sesuai dengan hasil belajar siswa;
    • Siswa mencatat pekerjaan rumah.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar