Wikipedia

Hasil penelusuran

Sabtu, 14 Desember 2013

Ekosistem Gurun



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Ekosistem merupakan tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komonitas, atau merupakan kesatuan dari suatu komunitas dengan lingkunganya dimana terjadi antar hubungan. Disini tidak hanya mencakup serangkaian spesies tumbuhan dan hewan saja, tetapi juga segala macam bentuk materi yang melakukan siklus dalam system itu serta energi yang menjadi sumber kekuatan. Untuk mendapatkan energy dan materi yang diperlukan untuk hidupnya semua komonitas bergantung kepada lingkungan abiotik. Organisme produsen memelukan energy, cahaya,oksigen, air dan garam-garam yang semuaya diambil dari lingkungan abiotik. Ada bermacam-macam jenis ekosistem, mulai dari ekosistem air, darat, maupun buatan  diantaranya yaitu ekosistem laut, pantai, sungan, hutan, mangrupe, gunung dan lain lain Salah satu ekosistem darat adalah Ekosistem Padang Pasir atau yang biasa disebut gurun.( Irwan,D.1996 ).
Pengertian gurun itu sendiri yaitu suatu daerah dimana curah hujannya sangat kecil yaitu kurang dari 250mm/tahun, suhu sangat tinggi di siang hari dan sangat rendah di malam hari, dan kelembapan udara rendah. Padahal tidak semua gurun panas, ada juga gurun yang sangat dingin pada musim dingin sampai 12° C yaitu Gurun Gobi di wilayah Asia.
Ekosistem gurun  ini sangat mudah dikenali. Ciri-cirnya adalah suhu udara yang panas di siang hari, tanah yang gersang dan tidak subur, curah hujan sangat rendah, perbedaan suhu antara malam dan siang hari sangat signifikan (siang panas, sedangkan malam hari sangat dingin). Ekosistem ini banyak kita temui di benua Afrika. ( Anonymous,2012 ).
Karena banyak orang-orang yang tidak mengetahui tentang ekosistem yang berada di gurun atau padang pasir ini maka pemakalah mencoba untuk memaparkan dan membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan ekosistem tersebut baik itu dari ciri-cirinya, makhluk hidup yang ada disana dan rantai makanan atau jaring-jaring makanan yang terjadi pada ekosistem gurun.



B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dan ciri-ciri dari ekosistem gurun ?
2.      Bagaimana kehidupan yang terjadi pada ekosistem gurun ?
3.      Bagaimana rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang terjadi pada ekosistem gurun ?
4.      Apa manfaat atau fungsi untuk kesejahteraan masyarakat ?
5.      Bagaimana kerusakan dan penanggulangannya ?
6.      Apa sajakah pembagian gurun ?
7.      Sebutkan contoh gurun yang ada di Indonesia dan di Dunia?

C.    Tujuan
1.      Mengetahui pengertian dan ciri-ciri ekosistem gurun
2.      Mengetahui kehidupan yang ada pada ekosistem gurun
3.      Mengetahui rantai makanan dan jaring-jaring makanan yang terjadi pada ekosistem gurun.
4.      Mengetahui manfaat atau fungsi untuk kesejahteraan masyarakatnya
5.      Mengetahui penyebab kerusakan dan cara penanggulangannya.
6.      Mengetahui macam- macam gurun
7.      Mengetahui gurun yang ada di Indonesia dan di dunia










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian dan Ciri-Ciri Ekosistem Gurun
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.[1]
Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme. Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada.
sedangkan pengertian gurun dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gurun diartikan sebagai padang luas yang tandus, atau padang pasir.
Dalam pengertian lain juga disebutkan gurun yaitu suatu daerah dimana curah hujannya sangat kecil yaitu kurang dari 250mm/tahun,sifat udaranya kering dan hampir tidak ada tumbuh-tumbuhan yang hidup. Gurun disebut juga daratan kering, karena klasifikasi gurun berdasarkan tingkat kekeringan di suatu wilayah.Hampir seperempat permukaan bumi daratan merupakan daerah gurun dengan temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari.[2]
Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa pengertian ekosistem gurun yaitu hubungan timbal balik yang saling berkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungannya berupa daerah yang luas, tandus dan kering dengan curuh hujan yang sangat sedikit.
Berdasarkan pengertian diatas dapat diketahui bahwa ekosistem gurun pasir memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1.      Didominasi oleh bebatuan dan pasir. Batunya berupa batu karang dan pasirnya membentuk bukit.
2.      Sangat jarang ditumbuhi dengan tumbuhan.
3.      Tingkat penguapan jauh lebih tinggi daripada jumlah hujan
4.      Jumlah hujan tahunan kurang dari 250mm.
5.      Iklim di gurun cenderung ekstrim. Jika panas maka akan menyengat dan saat dingin menggigil.
6.      Temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius
Sedangkan ciri atau karakteristik dari ekosistem gurun dapat juga dilihat dari posisi geografisnya, iklim, curah hujan dan cuacanya yaitu :
a.       Ciri-ciri posisi geografis
Dilihat dari letak geografisnya ekosistem gurun memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1)      Tingkat evaporasi (penguapan) yang lebih tinggi daripada curah hujan.
2)      Tumbuhannya berdaun kecil seperti duri dan mempunyai akar yang panjang. (Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan Akar panjang berfungsi  untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.).
3)      Dihuni oleh hewan jenis pengerat contohnya, hamster dan gerbill.
4)      Air tanah cenderung asin karena larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah baik karena pencucian oleh air maupun drainase.
b.      Ciri-ciri berdasarkan iklim
Iklim di gurun luar biasa ekstrim, kalau panas sangat panas sekali dan kalau dingin luar biasa dingin. Ada beberapa musim di Kuwait yaitu Panas (32-40°C sekitar Jun-Jul) , Panas Sekali (41-50° C sekitar Jul – Aug – Sep), Dingin (8-20°C sekitar Nopember). Ciri-ciri berdasarkan iklim adalah sebagai berikut :
1)      Iklim panas dan kering sepanjang tahun.
2)      Penternakan nomad dijalankan.
3)      Penduduk hidup berpindah-randah untuk nencari sumber air.
4)      Hujan tahunan kurang daripada 250mm.
5)      Suhu harian sangat tinggi, yaitu antara 22°C hingga 32°C.
c.       Ciri-ciri berdasarkan curah hujan
Berdasarkan curah hujannya ekosistem gurun memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1)      Curah hujan sangat rendah, + 25 cm/tahun.
2)      Kecepatan penguapan air lebih cepat dari presipitasi.
3)      Kelembaban udara sangat rendah.
4)      Perbedaan suhu siang hari dengan malam hari sangat tinggi (siang dapat mencapai 45 C, malam dapat turun sampai 0° C).
5)      Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air

B.     Kehidupan Ekosistem Gurun
Dalam ekosistem gurun terdapat interaksi antara komponen abiotik dan komponen biotik. Komponen abiotik yang terdapat disana yaitu suhu,tanah, pasir, batu, Cahaya matahari, Angin maupun air. Sedangkan komponen biotiknya meliputi kaktus, ular, kalajengking dan seterusnya.








1.      Komponen abiotik yang terdapat digurun yaitu :
a.       Suhu, suhu yang berada digurun sangatlah ekstrim sedangkan suhu lingkungan merupakan faktor penting dalam persebaran organisme karena pengaruhnya pada proses biologis dan ketidakmampuan sebagian organisme untuk mengatur suhu tubuhnya secara cepat. Salah satu tumbuhan yang hidup pada suhu ekstrim adalah kaktus.
b.      Batu dan tanah, struktur fisik, ph dan komposisi mineral batuan serta tanah akan membatasi persebaran tumbuhan dan hewan yang memakannya.
c.       Angin, angin memperkuat suhu lingkungan pada organisme dengan cara meningkatkan hilangnya panas melalui penguapan dan konveksi. Angin yang terdapat digurun sangatlah kencang sehingga menyebabkan hilangnya air di organisme dengan cara meningkatkan laju penguapan pada hewan dan laju transpirasi pada tumbuhan.
d.      Air, sifat air yang unik berpengaruh pada organisme dan lingkungannya, sedangkan di gurun itu jarang sekali terdapat air.


2.      Komponen biotik
Yaitu komponen yang merupakan makhluk hidup yang terdapat di gurun. Tidak banyak hewan atau tumbuhan yang mampu hidup di daerah gurun. Hewan dan tumbuhan yang mampu hidup disana diantaranya :
a.       Kaktus
Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Oleh sebab itu kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun). Air yang diserap kaktus disimpan dalam ruang di batangnya. Kaktus juga memiliki daun yang berubah bentuk menjadi duri sehingga dapat mengurangi penguapan air lewat daun. Oleh sebab itu, kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air. Mereka bisa tumbuh subur di lahan tandus dan kekurangan air. Kaktus adaptasinya tinggi. Kemudian, batang kaktus juga dilapisis jaringan lilin yang dapat mengurangi penguapan. Akan tetapi kaktus tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Makanya, di gurun-gurun, kaktus memiliki akar yang sangat panjang bermeter-meter ke dalam pusat bumi untuk mencari sumber air.
b.      Flora Lainnya, hampir tidak ada tumbuhan tingkat tinggi yang mampu bertahan. Tumbuhan yang tumbuh adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan daerah kering (tumbuhan serofit). Tumbuhannya berdaun kecil seperti duri dan mempunyai akar yang panjang. Daun yang kecil berfungsi untuk mengurangi penguapan Akar panjang berfungsi untuk mengambil air dari tempat yang dalam dan kemudian disimpan dalam jaringan spons.
c.       Unta atau Onta, hidup ditemukan di wilayah kering dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata umur harapan hidup unta adalah antara 30 sampai 50 tahun.
d.      Ular, ular berbisa gurun (Cerastes Vipera) hidup di bawah pasir. Ular berbisa ini masuk ke dalam pasir dengan menggeliat bergoyang-goyang menyamping.
e.       Serigala Gurun, serigala ini hidup di gurun berpasir di Afrika dan Arab. Telinganya yang lebar tidak hanya membantu menentukan tempat mangsanya berada, tetapi juga berfungsi untuk mencegah panas berlebihan dan membuat hewan ini tetap sejuk.
f.       Kadal, kadal bermoncong-sekop, yang tinggal di gurun, bergerak seperti menari di pasir untuk mendinginkan ekor dan kakinya.
g.      Katak Gurun, katak gurun, yang hidup di Australia, mirip dengan tangki air. Saat hujan, katak ini mengisi kantung-kantung di tubuhnya dengan air. Kemudian dia menguburkan dirinya sendiri di bawah pasir dan mulai menunggu sampai hujan yang berikutnya turun. Bila merasa haus, hewan gurun lainnya mencari katak ini dan meminum airnya, dengan cara mengeluarkan katak ini dari pasir.
 

C.    Rantai Makanan dan Jaring-Jaring Makanan Pada Ekosistem Gurun




D.    Manfaat Ekosistem Gurun bagi Masyarakat
Sejak beberapa dekade terakhir ini, organisasi PBB untuk memerangi penggurunan, terus berusaha keras untuk mencegah meluasnya gurun pasir. Sejauh ini manusia melihat gurun pasir sebagai ancaman ekologi. Bukannya sebagai kesatuan ekologi global. Keberadaan gurun pasir, seperti juga kutub utara dan selatan, terbukti menciptakan sistem cuaca dan iklim global. Jika tidak ada gurun Sahara di Afrika, maka Eropa tidak akan mengalami musim panas. Jika tidak ada gurun Gobi di Cina, tidak akan ada kawasan subur di Korea dan Amerika Utara. Gurun dan kutub, dua ekosistem alam yang sifatnya berlawanan, ternyata menjadi mesin iklim raksasa bagi Bumi.
Sekitar 170 tahun lalu, pencetus teori evolusi, Charles Darwin  melaporkan hujan debu pasir di kawasan Cape Verde, antara benua Afrika dan Amerika. Pada saat itu, Darwin berada di atas kapal penelitian Inggris, Beagle, yang berlayar ratusan kilometer dari benua Afrika. Juga kapal-kapal lainnya, yang sedang berlayar, bahkan ribuan kilometer dari Afrika melaporkan fenomena yang sama. Sekarang pada ahli merasa tertarik dengan fenomena yang dilaporkan Darwin 170 tahun lalu. Penelitian menunjukan, debu pasir dari kawasan gurun ternyata membentuk ekosistem global dan mempengaruhi keberadaan makhluk hidup.
Pengamatan satelit menunjukan terjadinya pergerakan debu gurun secara global. Setiap tahunnya, sekitar dua milyar ton debu gurun berpindah tempat melalui atmosfir Bumi. Misalnya saja debu pasir dari gurun Sahara di Afrika, bergerak sampai ke kepulauan Karibia dan Amerika Selatan. Dalam waktu hanya sepekan, debu pasir berukuran seperseribu milimeter dari Sahara dapat mencapai Karibia. Para ahli memperkirakan, hampir seluruh lapisan tanah subur di Karibia berasal dari gurun Sahara. Sementara debu pasir dari gurun Gobi di Cina bergerak sampai ke Amerika Utara dan dari kawasan Sahel di Afrika bergerak sampai Eropa tengah.
Tentu saja pergerakan debu pasir gurun ini berdampak positif dan negatif. Debu pasir gurun sahara yang jatuh di kawasan hutan Amazon, menjadi medium subur bagi tanaman efifit seperti misalnya Bromelia. Setiap tahunnya, sekitar 17 juta ton debu pasir dari gurun Sahara jatuh di kawasan rimba tropis Amazon di Amerika Selatan. Debu pasir gurun ini kaya akan mineral, bahan makanan, bibit tanaman dan juga sisa bangkai binatang. Juga debu pasir dari gurun Gobi di Cina memiliki fungsi serupa bagi flora dan fauna di kepulauan Hawaii.
Selain membuat subur tanah, terbukti pula tanaman asing yang dibawa debu gurun dapat mematikan flora dan fauna lokal. Misalnya saja kematian terumbu karang dalam skala luas di kawasan Karibia disebabkan oleh debu gurun ini. Gene Shinn dari lembaga penelitian geologi AS-USGS, menarik kesimpulan tsb setelah melakukan penelitian cukup lama. USGS sudah meneliti fenomena musnahnya terumbu karang di Karibia sejak 40 tahun lalu. Yang membuat mereka heran, adalah kemusnahan terumbu karang yang hampir bersamaan di Karibia, Barbados dan Florida. Yang juga menarik, landak laut ikut musnah hampir secara bersamaan. Artinya, ada penyebab global dan bukannya bencana lokal.
Penelitian lebih lanjut menunjukan, musnahnya terumbu karang dan landak laut terjadi hampir serentak mulai tahun 1983. Penyebabnya sama, yakni akibat serangan sejenis jamur racun, yang berasal dari Afrika. Biasanya jamur racun ini tidak dapat hidup di dalam laut. Akan tetapi penelitian menggunakan citra satelit menunjukan, pada tahun 1983, 1987 dan 1993 volume debu pasir gurun yang bergerak ke seluruh dunia meningkat hampir tiga kali lipat. Akibat volume yang cukup besar itulah, jamur racun masih tetap hidup dalam sedimen pasir gurun di laut dan menyerang terumbu karang.
Pakar mikrobiologi dari USGS, Dale Griffin juga melakukan penelitian bahaya debu pasir gurun itu terhadap kesehatan manusia. Disebutkannya, sejak 15 tahun terakhir ini, debu dari gurun pasir menjadi lebih berbahaya akibat aktivitas manusia. Dahulu, debu gurun hanya terdiri dari mineral, unsur makanan bagi tumbuhan, sisa bangkai binatang dan tanaman. Namun dalam dasawarsa terakhir, debu gurun juga mengandung bahan berbahaya Dioxin. Penyebabnya adalah aktivitas manusia di kawasan gurun, yang mengikuti cara hidup modern dan memproduki cukup banyak sampah plastik. Untuk memusnahkan sampah plastik ini, mereka membakarnya tanpa menyadari bahaya Dioxin yang muncul.
Jadi bagaikan pisau bermata dua, debu pasir dari gurun di dunia, dapat berdampak positif maupun negatif. Bagi tanaman di rimba tropis Amazona atau di hutan kutub Kanada, debu gurun pasir yang kaya mineral dan unsur makanan, membuat hutan bertambah subur. Namun juga tanaman ganggang pengganggu di kawasan pantai barat Florida, mendapat berkah dari debu gurun pasir yang kaya mineral. Ganggang beracun berkembang biak amat pesat. Sebagai dampaknya, ganggang atau plankton makanan ikan dan mamalia laut musnah. Terakhir ikan, burung dan mamalia laut yang cukup besar juga musnah, akibat musnahnya makanan mereka. Hal itu menunjukan, ekosistem dunia memang harus dipahami secara global, agar kita juga mengerti dampak timbal baliknya secara global.

E.     Penyebab Kerusakan ekosistem gurun dan Cara Penanggulangannya.
Penyebab dari kerusakan Ekosistem gurun adalah faktor Alamiah dan Buatan (ulah manusia).
1.      Alamiah
Erosi, Dampak dari erosi adalah menipisnya lapisan permukaan tanah bagian atas, yang akan menyebabkan menurunnnya kemampuan lahan (degradasi lahan). Selain itu butiran tanah yang terangkut oleh aliran permukaan pada akhirnya akan mengendap di sungai (sedimentasi) yang selanjutnya akibat tingginya sedimentasi akan mengakibatkan pendangkalan sungai sehingga akan memengaruhi kelancaran jalur pelayaran.
Erosi dalam jumlah tertentu sebenarnya merupakan kejadian yang alami, dan baik untuk ekosistem. Misalnya, kerikil secara berkala turun ke elevasi yang lebih rendah melalui angkutan air. erosi yang berlebih, tentunya dapat menyebabkan masalah, semisal dalam hal sedimentasi, kerusakan ekosistem dan kehilangan air secara serentak.[3]
Banyaknya erosi tergantung berbagai faktor. Faktor Iklim, termasuk besarnya dan intensitas hujan / presipitasi, rata-rata dan rentang suhu, begitu pula musim, kecepatan angin, frekuensi badai. faktor geologi termasuk tipe sedimen, tipe batuan, porositas dan permeabilitasnya, kemiringan lahan. 
Namun selain erosi, faktor yang menyababkan rusaknya ekosistem Gurun adalah Gempa Bumi. Terjadinya gempa bumi, dapat mengakibatkan kerusakan yang luar biasa. Karena dengan terjadinya gempa bumi Flora dan Fauna yang awalnya berada dalam ekosistem gurun pasir, kini tidak ada. Maka tidak seimbanglah ekosistem gurun tersebut.




2.      Faktor Manusia
Di gurun Turkmenistan adalah sebuah lubang selebar kurang lebih 100 meter dan di dalamnya terus-menerus membara selama 38 tahun. Pada 1971, sebuah rig pengeboran minyak Uni Soviet melakukan pengeboran. Ternyata di bawahnya ada cadangan gas alam. Hal ini menyebabkan tanah runtuh beserta rig pengeboran yang dibangun di atasnya. Asap beracun kemudian mulai menyembur dari dalam lubang. Daripada berpotensi menimbulkan bencana yang lebih mematikan, pemerintah Soviet lalu membakar lubangnya.

F.     Jenis - jenis Gurun yang ada di Dunia
Berdasarkan curah hujan dan tingkat kekeringannya,gurun dibagi atas:
1.      Gurun sangat kering,yaitu gurun yang selama 12 bulan hampir tidak ada hujan.
Contohnya:gurun Thar,India.






2.      Gurun kering, yaitu gurun yang curah hujannya kurang dari 250mm\tahun.
Contohnya: gurun Agatsya Malai,India.






3.      Gurun setengah kering,yaitu gurun yang curah hujannya antara 250mm-500mm/tahun.
Contohnya:gurun Oregon Timur,di Amerika Serikat[4]






G.    Contoh – Contoh Gurun yang Ada di Dunia
Contoh gurun terbesar yang ada di Dunia.
1.      Gurun Semenanjung Arab
Gurun Semenanjung Arab merupakan yang terluas di kawasan Asia. Tepatnya berada di Asia Barat dengan luas area mencapai 1.000.000 mil persegi atau 2.600.00 km persegi. Dalam areal gurun tersebut ada dua gurun yang dinamakan Gurun An-Nafud dan Rub Al-Khali. Hampir sepanjang tahun gurun ini menjelani musim panas. Atau bahkan bisa dibilang tak pernah mengalami musim dingin. Suhu rata-rata di kawasan Gurun Semenanjung Arab mencapai di atas 45 derajat celcius.







Gurun Semenanjung Arab (sumber: arabictranslationservices.org,uniknya.com)

2.      Gurun Turkestan memiliki luas 750.000 meter persegi atau 1.900.000 km persegi.
Gurun ini membentang luas diantara Negara-negara pecahan Uni Soviet dari Turkmenistan hingga Kirgyztan yang melipuri Kara-Kum dan Kyzylkum. Suhu di kawasan gurun ini terkenal sangat panas hingga di atas 50 derajat celcius. Tanaman khas gurun pun sering kali tidak bisa hidup dengan baik. 
              
Gurun Turkestan (Sumber: wordpress.com)

3.       Gurun Gobi
Gurun yang terkenal dengan pasir bergelombang ini membentang luas di antara China bagian utara hingga daerah perbatasan Mongolia. Dengan luas 500.000 mil persegi atau 1.300.000 km persegi gurun ini memiliki daya tarik tersendiri. Terutama bagi industri perfilman yang kerap kali digunakan shoting film kolosal China.
    
Gurun Gobi (Sumber: wikipedia.org,uniknya.com)
4.      Gurun Thar
Membentang luas bagai lautan dari daratan India hingga Pakistan bagian utara. Dengan luas 230.000 mil persegi atau 600.000 km persegi memiliki karakteristik agak lain dari gurun sejenis. Dengan tiupan cukup kencang, Gurun Thar sering kali dilanda badai angina.
 
Gurun Thar (Sumber: wordpress.com)
5.      Gurun Taklamakan
Selama tujuh bulan di kawasan Gurun Taklamakan akan didatangi musim dingan dan lima bulan mengalami musim panas. Saat musim dingin gurun yang terletak di kawasan Tiongkok ini sangat tidak bersahabat. Hewan di kawasan tersebut sering kali hijrah ke daerah lainnya. Dengan luas 185 mil persegi atau 480.000 km persegi, Gurun Taklamakan termasuk gurun terganas di dunia.[5]
Contoh Gurun yang ada di indonesia.
Indonesia adalah negara yang terletak di garis khatulistiwa sehingga beriklim tropis dengan curah hujan cukup tinggi. Cukup mengejutkan, ternyata Indonesia memiliki sebuah gurun pasir. Fenomena unik ini terdapat di dekat Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Warga sekitar menyebutnya dengan daerah "Gumuk Pasir".
Gumuk Pasir merupakan fenomena alam yang terbentuk akibat pergerakan angin. Angin membawa pasir-pasir dari material vulkanis Gunung Merapi. Pasir ini terbang ke arah laut kemudian menyatu dengan air dan menjadi pasir halus. Proses ribuan tahun membuat pasir-pasir halus terbentuk menjadi bukit pasir seperti bisa dilihat kini. 
Gumuk Pasir memiliki keunikan lain, salah satunya perubahan temperatur yang ekstrem dari siang hari ke malam hari. Di siang hari, Gumuk Pasir akan berudara sangat panas sementara sangat dingin di malam hari, persis seperti temperatur di Gurun Sahara. Fenomena unik seperti ini hanya ada satu-satunya di Indonesia.
Masyarakat sekitar mengira Gumuk Pasir hanyalah fenomena alam biasa. Padahal, banyak ahli geologi dan geografi yang datang ke Gumuk Pasir untuk meneliti fenomena tidak biasa ini. Gumuk Pasir selain menjadi tempat wisata, kini juga menjadi pusat penelitian. Bahkan, Gumuk Pasir rencananya akan dimasukkan ke daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. [6]

Contah gurun pasir dengan pemandangan terindah
Gurun Pasir yang terindah di dunia. Bukan hanya indah, tapi juga menakjubkan. Yaitu sebagai berikut :
1.                  Taklamakan (Asia Tenggara)
Gurun pasir yang dilapisi salju
2.                  Lencois maranheses (Brazil)
Guru pasir dengan laguna yang indah
3.                  Salar de uyuni (Bolivia)
Gurun garam, karena gurun ini dipenuhi dengan garam hasil kristalisasi
4.                  Farafra (Mesir)
Gurun putih
5.                  Atacama (Chile)
Gurun yang paling asri, dan penuh dengan bunga-bunga indah
6.                  Antartica
Gurun terlembab dan terkering
7.                  Namib (Namibia)
Satu-satunya gurun yang ada gajahnya
8.                  Simpson desert (Australia)
Gurun pasir merah
Daftar Nama –Nama gurun yang ada Di dunia
Afrika
Gurun Sahara – gurun panas terbesar di dunia, di Afrika Utara
Gurun Kalahari – di Afrika bagian selatan
Gurun Namib – di Afrika bagian selatan
Eropa
Hálendi – di Islandia
Gurun Błędów – di Polandia
Deliblatska Peščara – di Vojvodina, Serbia
Gurun Oltenia – di Oltenia
Gurun Tabernas – di Almería, Spanyol.
Gurun Accona – di Tuscany, Italia

Antarktika
Antarktika – pusatnya merupakan gurun terbesar di dunia, dengan cuaca yang membekukan.

Timur Tengah
Gurun Arabia – di Semenanjung Arabia
Gurun Al-Dahna, Gurun Nefud, dll
Gurun Dasht-e Kavir – di Iran Tengah
Gurun Dasht-e Lut – padang gurun garam di Iran Tenggara
Gurun Yudea – di Israel Timur dan di Tepi Barat
Gurun Negev – di Israel Selatan
Gurun Sinai – di Semenanjung Sinai

Asia
Gurun Gobi – di Mongolia
Gurun Taklamakan – di China
Gurun Ordos – di China
Gurun Kara Kum – di Central Asia
Gurun Kyzyl Kum – di Kazakhstan dan Uzbekistan
Gurun Thar- Gurun Cholistan – di India dan Pakistan
Gurun Dasht-e Lut – di Iran.
Gurun Dasht-e Kavir – di Iran
North America
Gurun Basin Besar – di AS Barat
Gurun Mojave – di California Selatan, AS
Gurun Chihuahua – di AS dan Meksiko
Gurun Sonora – di AS dan Meksiko

Australia
Gurun Victoria Besar – di selatan Australia Tengah
Gurun Simpson – di Australia Tengah
Gurun Strzelecki – di selatan Australia Tengah
Gurun Tanami – di Australia Utara
Gurun Barat – di bagian barat Australia
Gurun Gibson
Gurun Sandy Besar
Gurun Sandy Kecil
Gurun Rangipo – di Selandia Baru
South America
Gurun Patagonia – di Argentina
Gurun Monte – di Argentina
Gurun La Guajira – di Kolombia Utara dan Venezuela
Gurun Atacama – di Chile
Gurun Sechura







BAB III
PENUTUP

KESIMPULAN
Berdasarkan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa :
1.    Ekosistem gurun yaitu hubungan timbal balik yang saling berkaitan antara makhluk hidup dengan lingkungannya berupa daerah yang luas, tandus dan kering dengan curuh hujan yang sangat sedikit. memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Didominasi oleh bebatuan dan pasir, Sangat jarang ditumbuhi dengan tumbuhan, Tingkat penguapan jauh lebih tinggi daripada jumlah hujan, Jumlah hujan tahunan kurang dari 250mm, Iklim di gurun cenderung ekstrim dan Temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius.
2.    Pada ekositem gurun, kehidupan sangat sedikit air. Maka hanya sedikit saja makhluk hidup yang mampu bertahan hidup disana. Banyak hal yang mendukung makhluk hidup mampu bertahan.
3.    Salah satu contoh yang di dapat dari rantai makanan yang terdapat di gurun adalah Rumut dimakan serangga, dimakan Kalajengking, dimakan burung Elang.
4.    Manfaat gurun yaitu diantaranya sebagai penyeimbang iklim dunia. Selain itu gurun juga bermanfaat sebagai tempat wisata.
5.    Kerusakan diakibatkan oleh ulah manusia, dan faktor alam. Penanggulangannya yaitu dengan cara mengurangi kunjungan manusia dan melestarikan populasi flora dan fauna yang ada disana
6.    Gunrun dibagi menjadi tiga macam yaitu gurun sangat kering, gurun kering dan gurun setengah kering.
7.    Contoh gurun yang ada di dunia yaitu gurun sahara, gurun gobi, gurun kalahari, gurun antartika dan lain sebagainya.









DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2013. Ekosistem. http://id.wikipedia.org/wiki/Ekosistem. diakses pada tanggal 01 oktober 2013 jam 13.24
             
Anonim. 2013. Pengertian gurun. http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2241387-pengertian-gurun/ diakses pada tanggal 01 oktober 2013 20.09
Anonim. 2013. Erosi.  http://id.wikipedia.org/wiki/Erosi diakses pada tanggal 01 oktober 2013 jam 14.51
Anonim. 2011. Gurun Terbesar Di Dunia Yang Ada Di Asia. http://uniknya.com/2011/09/5-gurun-terbesar-di-dunia-yang-ada-di-asia/ diakses pada tanggal 02 november 2013 jam 13.01
Anonim. 2008. Daftar Gurun Di Dunia. http://tarig18.wordpress.com/2008/10/10/daftar-gurun-di-dunia/ diakses  pada tanggal 02 november 2013 jam 14.08
Anonim. 2013. Gurun Pasir Dengan Pemandangan yang Indah.http://suratsuratanku. blogspot.com /2013/05/10-gurun –pasir -dengan-pemandangan.html diakses pada tanggal 02 november 2013 jam 14.42
Anonim. 2013. Gurun Terluas Di Dunia. http://forum.kompas.com/green-global-warming/287139-3-gurun-terluas-di-dunia.html diakses pada tanggal 02 november 2013 jam 14.30
Anonim. 2013. Gumuk Gurun Pasir Satu – Satunya di Indonesia. http://Travel. Okezone. Com/Read/2013/07/02/544/830946/Gumuk-Pasir-Satu-Satunya-Gurun-Di-Indonesia diakses pada tanggal 03 november 14. 51
Anonim. 2011. Gurun Terbesar di Dunia. http://uniknya.com/2011/09/5-gurun-terbesar-di-dunia-yang-ada-di-asia/ diakses pada tanggal 03 november 2013 15.30



[1] Anonim. 2013. Ekosistem. http://id.wikipedia.org/wiki/Ekosistem
[2] Anonim. 2013. Pengertian gurun. http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/2241387-pengertian-gurun/
[4]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar